Apakah Anda suka mempunyai teman orang asing?
Bergabunglah dengan CityMity dan mulailah berbicara dengan orang-orang dari seluruh dunia
sana888 profile photo mbai22 profile photo tatiana24 profile photo innamn profile photo celina12ddf profile photo veraedmund profile photo sibanda profile photo aimeenolan profile photo letty85 profile photo saeed profile photo pettyledis profile photo caryaanguyen profile photo adjoateye profile photo jemii profile photo nessie profile photo
chinasre

Apa Fakta Menarik Tentang Perancis?

chinasre From China


1. Bahasa Prancis adalah bahasa resmi Inggris selama sekitar 300 tahun

Sulit membayangkan bahwa bahasa Prancis adalah bahasa resmi Inggris antara tahun 1066 dan 1362. Namun setelah William Sang Penakluk memimpin penaklukan Norman dan pendudukan berikutnya atas Inggris pada tahun 1066, ia memperkenalkan bahasa Inggris. -Norman Perancis untuk bangsa. Ini diucapkan oleh keluarga kerajaan, bangsawan, dan pejabat tinggi, beberapa di antaranya tidak bisa berbahasa Inggris! Namun pada tahun 1362, parlemen mengesahkan Undang-Undang Permohonan dalam Bahasa Inggris, yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi pemerintahan. Hal ini karena bahasa Prancis Norman digunakan untuk pembelaan, namun sebagian besar tidak diketahui oleh masyarakat umum Inggris, yang tidak mengetahui apa yang diucapkan di pengadilan.


2. Perancis adalah negara terbesar di UE dan kadang disebut segi enam

Perancis adalah negara terbesar di Uni Eropa, dengan luas total 551.695 kilometer persegi. Namun, negara ini hanyalah negara terbesar ketiga di Eropa, setelah Ukraina dan Rusia bagian Eropa. Sekitar sepertiga (31%) wilayah Perancis adalah hutan dan merupakan negara dengan hutan terbanyak keempat di UE, setelah Swedia, Finlandia, dan Spanyol. Negara ini juga kadang-kadang disebut sebagai 'l'hexagone' karena bentuknya yang bersisi enam.

3. Prancis adalah tujuan wisata terpopuler di dunia

Mungkin ini saatnya untuk mengasah kemampuan bahasa Prancis Anda, karena Prancis adalah tempatnya, menurut angka pariwisata terkini. Sebanyak 89,3 juta orang mengunjungi negara ini pada tahun 2018, menjadikannya destinasi yang paling banyak dikunjungi di dunia. Ibu kota negara, Paris, juga merupakan kota ketiga yang paling banyak dikunjungi di dunia, setelah Bangkok dan London. Saatnya berkemas!





4. 'Liberté, égalitié, fraternité' atau 'kebebasan, kesetaraan, persaudaraan' adalah semboyan nasional. Semboyan

terkenal ini pertama kali muncul sekitar masa Revolusi (1789–1799) dan dituangkan dalam konstitusi tahun 1946 dan 1958. Saat ini, Anda masih akan melihatnya di koin, prangko, dan logo pemerintah; sering kali di samping 'Marianne' yang melambangkan kemenangan Republik. Sistem hukum di Perancis sebagian besar masih didasarkan pada prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Kode Sipil Napoleon Bonaparte setelah revolusi, pada tahun 1800-an.


5. Tentara Perancis yang pertama kali menggunakan kamuflase pada tahun 1915 (Perang Dunia I)

Nah inilah fakta menarik tentang Perancis. Kata 'kamuflase' sebenarnya berasal dari kata kerja Perancis yang berarti 'mendandani panggung'. Ini karena Angkatan Darat Perancis adalah orang pertama yang menciptakan unit kamuflase khusus pada tahun 1915. Senjata dan kendaraan dilukis oleh seniman yang disebut camofleurs. Tahun berikutnya, Angkatan Darat Inggris mengikutinya dan mendirikan bagian kamuflase sendiri di bawah komando Letnan Kolonel Francis Wyatt. Itu dikenal sebagai Special Works Park RE (Royal Engineers).
Kamuflase tentara Prancis



6. Di Prancis, Anda bisa menikah dengan orang mati!

Satu fakta yang cukup mengejutkan tentang Perancis adalah bahwa berdasarkan hukum Perancis, Anda dapat menikah secara anumerta dalam kasus-kasus luar biasa. Hal ini dengan syarat Anda dapat membuktikan bahwa almarhum memang berniat menikahi Anda semasa dia masih hidup. Anda juga harus mendapat izin dari presiden Prancis. Kasus terbaru yang disetujui adalah pada tahun 2017 ketika pasangan seorang polisi gay yang ditembak mati di Champs-Elysees Paris oleh seorang jihadis diberikan izin untuk menikahi pasangannya secara anumerta.


7. Orang Prancis menemukan kaleng, pengering rambut, dan balon udara.

Ternyata kita harus berterima kasih kepada orang Prancis atas banyak penemuan berguna yang kita kenal dan cintai saat ini. Misalnya, penemu Perancis Nicolas Appert mengemukakan ide untuk menggunakan stoples kaca tertutup yang dimasukkan ke dalam air mendidih untuk mengawetkan makanan pada tahun 1809. Pierre Durand kemudian menemukan kaleng. Braille juga dikembangkan oleh Louis Braille yang mengalami kebutaan saat kecil. Sementara itu, dokter René Laennec menemukan stetoskop di sebuah rumah sakit di Paris pada tahun 1816 dan Alexandre-Ferdinand Godefroy mematenkan pengering rambut pertama di dunia pada tahun 1888. Balon udara yang megah juga dipelopori oleh Montgolfier bersaudara Joseph dan Etienne yang meluncurkan balon udara pertama di dunia untuk umum. tampilan balon yang tidak ditambatkan pada tahun 1783. Montgolfier bersaudara pada perangko Hongaria


8. Louis XIX adalah raja Prancis hanya selama 20 menit, pemerintahan terpendek yang pernah ada

Ya, Anda tidak salah baca. Raja Prancis hanya menikmati ketenaran kerajaan selama 20 menit setelah ayahnya Charles X turun takhta, meninggalkannya untuk naik takhta Prancis pada Juli 1830. Setelah periode singkat ini, Louis-Antoine juga turun tahta demi keponakannya, Adipati Bordeaux. Ini menjadikannya raja dengan masa pemerintahan terpendek dalam sejarah. Dia berbagi rekor menakjubkan dengan Putra Mahkota Luís Filipe, yang secara teknis menjadi raja Portugal setelah ayahnya dibunuh. Namun dia juga meninggal karena luka 20 menit kemudian. Raja Louis XIX dari Perancis



9. Perancis adalah negara pertama di dunia yang melarang supermarket membuang makanan

Sekarang, inilah fakta Perancis yang patut dibanggakan. Pada bulan Februari 2016, Perancis menjadi negara pertama di dunia yang melarang supermarket membuang atau menghancurkan makanan yang tidak terjual. Toko-toko sekarang harus menyumbangkan kelebihan bahan makanan ke bank makanan dan badan amal. Supermarket yang berukuran lebih dari 400 meter persegi yang kedapatan membuang makanan berkualitas baik mendekati tanggal terbaiknya akan dikenakan denda besar hingga €75.000 atau dua tahun penjara. Selain itu, seluruh supermarket di Perancis juga dilarang menghancurkan makanan sebagai cara untuk mencegah 'penyelam tempat sampah' mencari makan di tempat sampah. Bagus sekali, Prancis!



10. Pemutaran film untuk umum pertama kali dilakukan oleh Lumière Prancis pada tahun 1895

Lumière bersaudara, Auguste Marie Louis Nicolas dan Louis Jean, terkenal dengan sistem film Cinématographe dan film pendek yang mereka produksi antara tahun 1895 dan 1905. Duo terkenal ini mengadakan pemutaran film publik pertama di dunia ¬pada tanggal 28 Desember 1895, di Grand Café di Paris. Debut penyutradaraan mereka adalah La sortie des ouvriers de l'usine Lumière (Pekerja Meninggalkan Pabrik Lumière). Film hitam-putih berdurasi lima detik ini memperlihatkan para pekerja meninggalkan pabrik Lumière dan membuat penonton terperangah. Pada tahun 1895, Louis Lumière mengatakan bahwa sinema adalah “sebuah penemuan tanpa masa depan.” Oh, betapa sedikit yang dia ketahui…
Patung Auguste dan Louis Lumière


11. Orang tertua yang pernah hidup adalah seorang wanita Perancis bernama Jeanne Louise Calment.

Usia terbesar yang pernah diotentikasi sepenuhnya oleh manusia mana pun adalah 122 tahun dan 164 hari. Jeanne Louise Calment lahir di Perancis pada tanggal 21 Februari 1875 dan meninggal pada tanggal 4 Agustus 1997. Dia hidup melalui pembukaan Menara Eiffel pada tahun 1889, dua Perang Dunia, dan penemuan televisi, mobil modern, dan pesawat terbang. Menariknya, angka harapan hidup perempuan di Prancis mencapai 85,3 tahun pada tahun 2018 dan 79,4 tahun untuk laki-laki. Prancis juga menempati peringkat ke-14 dunia dalam hal angka harapan hidup, dengan rata-rata pria dan wanita hidup hingga usia 83 tahun. Mmm, pasti ada sesuatu di dalam air!



12. Prancis melegalkan pernikahan sesama jenis pada tahun 2013

Ketika Presiden Françoise Holland menandatangani undang-undang tersebut pada tanggal 18 Mei 2013, Prancis menjadi negara kesembilan di Eropa dan ke-14 di dunia yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Meskipun jajak pendapat pada saat itu menunjukkan bahwa sekitar 50% masyarakat Prancis mendukungnya, tidak semua orang senang dengan hal tersebut. Faktanya, ribuan orang yang membela apa yang disebut 'nilai-nilai kekeluargaan' turun ke jalan sebagai bentuk protes. Kerumunan di Paris Pride Parade 2013 Kerumunan di Paris Pride Parade 2013, hanya beberapa minggu setelah Prancis melegalkan pernikahan sesama jenis 13. Prancis


telah lebih banyak pemenang Hadiah Nobel Sastra dibandingkan negara lain

Dengan 15 orang Perancis yang memenangkan penghargaan bergengsi ini sejak tahun 1901, dapat dikatakan bahwa Perancis telah melahirkan beberapa penulis dan pemikir paling berpengaruh di dunia. Penyair dan penulis esai Perancis Sully Prudhomme menjadi pemenang penghargaan pertama tahun itu. Di antara penyair, novelis, dan penulis paling terkenal di Prancis adalah René Descartes, Voltaire, Charles Baudelaire, Blaise Pascal, Gustave Flaubert, dan Victor Hugo.



14. Transplantasi jantung buatan dan transplantasi wajah pertama di dunia terjadi di Perancis

Transplantasi jantung terjadi pada bulan Desember 2013 di Rumah Sakit Georges Pompidou di Paris. Perangkat bioprostetik, yang meniru kontraksi jantung sebenarnya, ditenagai oleh baterai lithium-ion eksternal dan beratnya sekitar tiga kali lipat berat organ sebenarnya. Ahli bedah Perancis juga merupakan orang pertama yang melakukan transplantasi wajah pada tahun 2005.

15. Perancis memproduksi botol wine termahal di dunia

Tentu saja, Perancis tidak hanya terkenal dengan masakannya, negara ini juga memproduksi beberapa wine terbaik di dunia. dunia – belum lagi mahal. Sebotol French Burgundy berusia 73 tahun menjadi sebotol anggur termahal yang pernah dijual di lelang, dengan harga $558.000. Botol Romanee-Conti tahun 1945 dijual kepada kolektor swasta Asia di Sotheby's dengan harga lebih dari 17 kali lipat dari perkiraan awal sebesar $32.000. Aduh!Pemilik bar Prancis menuangkan anggur merah



16. Louvre adalah museum yang paling banyak dikunjungi di dunia

Dengan 9,6 juta pengunjung pada tahun 2019, Louvre yang terkenal adalah museum yang paling banyak dikunjungi di dunia. Terletak di jantung kota Paris, museum megah ini adalah rumah bagi sekitar 38.000 karya seni dan artefak yang berasal dari zaman prasejarah. Ini termasuk Mona Lisa, Venus de Milo, dan Piramida Louvre kaca terkenal IM Pei yang terletak di halaman. Tidak mengherankan, Louvre adalah salah satu tempat tersibuk untuk dikunjungi di Paris. Piramida kaca Le Louvre yang terkenal


17. Gastronomi Prancis dianugerahi Status Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2010

Prancis terkenal dengan makanannya yang lezat, yang ditambahkan ke daftar warisan budaya takbenda umat manusia oleh UNESCO pada tahun 2010. Para ahli menggambarkan pentingnya gastronomi Perancis sebagai kebiasaan sosial yang bertujuan merayakan momen terpenting dalam kehidupan individu dan kelompok, serta menekankan kebersamaan karena fungsinya mempertemukan teman dan keluarga. mendekatkan diri dan memperkuat ikatan sosial.




18. Kamu mungkin akan mendapat 'ikan' tersangkut di punggungmu pada Hari April Mop.

Sekarang, inilah fakta aneh tentang Prancis. Jika Anda kebetulan berada di negara ini pada tanggal 1 April, jangan kaget jika anak-anak mencoba menempelkan ikan kertas ke punggung Anda dan memanggil Anda 'Poisson d'Avril' (Ikan April). Tradisi ini konon dimulai pada abad ke-16 ketika Raja Charles XIV dari Prancis mengubah kalender dan mereka yang terus merayakan akhir Tahun Baru di akhir Maret diejek sebagai orang bodoh. Jadi jaga punggungmu!



19. Membalikkan baguette dianggap membawa sial di Prancis.

Oh, orang Prancis adalah kelompok yang mencurigakan! Menurut cerita rakyat, meletakkan baguette atau sepotong roti di atas meja secara terbalik akan membuat orang-orang di sekitar Anda berisiko mengalami kemalangan, atau lebih buruk lagi, kematian. Takhayul unik ini konon berasal dari abad pertengahan ketika algojo diizinkan mengambil barang di toko tanpa membayarnya. Oleh karena itu, pembuat roti akan meninggalkan sepotong roti yang terbalik untuk mereka. Dan jika Anda datang untuk menyentuh roti atau meletakkan roti secara terbalik, Anda harus menandainya dengan salib sebelum memakannya untuk menghindari nasib buruk. Astaga!


20. Orang Prancis memakan sekitar 30.000 ton siput setiap tahunnya

Inilah fakta menarik tentang Prancis. Menurut Reuters, orang Prancis memakan sekitar 30.000 metrik ton escargot setiap tahunnya. Namun, sekitar dua pertiga dari seluruh siput yang dimakan di Prancis berasal dari Eropa Timur dan Balkan. Jadi jika Anda pernah makan siput di Prancis, kemungkinan besar mereka telah menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke piring Anda. Kelezatan klasik Perancis (disajikan dengan bawang putih, peterseli, dan mentega) tetap menjadi makanan pokok Perancis yang populer. Escargot


21. Siput hidup harus memiliki tiket untuk naik kereta berkecepatan tinggi

Tidak, kami tidak mengada-ada – kami berjanji! Menurut hukum Perancis, membawa siput hidup di kereta berkecepatan tinggi di Perancis tanpa memiliki tiket sendiri merupakan pelanggaran hukum. Faktanya, hewan peliharaan apa pun yang beratnya di bawah 5 kg harus menjadi penumpang yang membayar. Pada tahun 2008, seorang warga Prancis didenda ketika petugas tiket memergokinya membawa makhluk-makhluk itu ke dalam TGV. Untungnya, perusahaan kereta api milik negara Perancis, SNCF, akhirnya memberikan denda.


22. Croissant sebenarnya ditemukan di Austria pada abad ke-13

Benar, percaya atau tidak, kue Prancis tercinta yang kita semua kenal dan sukai sebenarnya adalah adaptasi dari kipferl; makanan khas Wina yang berasal dari abad ke-13. Ceritanya, perwira artileri Austria, August Zang, mendirikan toko roti Wina di Paris pada tahun 1839. Dia mulai menyajikan kipferl dan dengan cepat menjadi populer di kalangan penduduk setempat. Faktanya, para peniru Perancis mulai menciptakan versi Perancis mereka sendiri yang mereka sebut croissant karena bentuknya yang seperti bulan sabit. Dan sisanya, seperti yang mereka katakan, adalah sejarah. Bagaimanapun, meniru adalah bentuk sanjungan yang paling tulus. Croissant segar



23. Prancis memproduksi sekitar 1,7 juta ton keju per tahun dengan sekitar 1.600 jenis.

Mengatakan bahwa orang Prancis suka makan keju adalah pernyataan yang sangat meremehkan. Negara penghasil susu ini memproduksi sekitar 1,7 juta ton keju susu sapi pada tahun 2018 saja. Ada juga sekitar 1.600 jenis keju Prancis yang bisa dicoba, yang dikelompokkan ke dalam delapan kategori. Untungnya, Prancis tidak menyimpan semuanya untuk diri mereka sendiri. Pada tahun 2018, negara ini mengekspor lebih dari 679.000 ton keju, sementara hampir 895.000 ton keju terjual di pasar ritel Prancis pada tahun 2017. Merci beaucoup!
Beragam pilihan keju di sebuah toko di Paris


24. Hukum Prancis melarang pasangan berciuman di peron kereta.

Berbicara tentang undang-undang dan keputusan yang tampaknya gila, yang satu ini benar-benar aneh. Di Perancis, berciuman saat kereta sedang berada di peron adalah tindakan ilegal. Undang-undang lama ini diberlakukan pada tahun 1910 atas permintaan kepala kereta api yang ingin mencegah orang Prancis yang sedang jatuh cinta menunda keberangkatan kereta api. Semua ciuman di peron kini harus dilakukan sebelum kereta tiba. Ini dia ciuman film Hollywood yang dramatis!



25. Setidaknya 35% dari semua musik yang diputar di stasiun radio swasta harus berbahasa Prancis

Jika Anda bukan penggemar musik Prancis maka Anda mungkin ingin tetap menggunakan playlist Anda sendiri daripada mendengarkan stasiun radio lokal. Lagi pula, lebih dari sepertiga lagu yang akan Anda dengar adalah lagu Prancis. Pemerintah Perancis awalnya memperkenalkan tarif 40% pada tahun 1994 untuk melindungi Perancis dari apa yang pemerintah anggap sebagai invasi budaya Anglo-Saxon. Namun, setelah boikot pemberontakan selama 24 jam yang dilakukan stasiun radio Prancis, anggota parlemen Prancis memilih pengurangan kuota menjadi 35% pada tahun 2016. Stasiun radio yang mengkhususkan diri pada musik asing juga memiliki kuota 15%.


26. Paris Gare du Nord adalah stasiun kereta api tersibuk di Eropa

Sedangkan mengenai kereta api… Gare du Nord di Paris adalah stasiun kereta api tersibuk di Eropa dan dunia (di luar Jepang). Lebih dari 214 juta penumpang melewatinya setiap tahun. Stasiun aslinya dibangun pada tahun 1846 tetapi menjadi terlalu kecil untuk dioperasikan sehingga dibongkar dan dibangun kembali pada tahun 1889. Perluasan lebih lanjut dilakukan antara tahun 1930-an dan 1960-an. Stasiun ini juga akan menjalani lebih banyak pekerjaan perluasan untuk mempersiapkan Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris. Hal ini untuk meningkatkan kapasitasnya untuk menambah 200.000 penumpang setiap hari. Lebih baik hindari jam sibuk!
Paris Gare du Nord


27. Jaringan kereta api Perancis adalah yang terbesar kedua di Eropa dan kesembilan terbesar di dunia

Dengan total panjang 29.000 km, jaringan kereta api Perancis adalah yang terbesar kedua di Eropa dan terbesar kesembilan di dunia. Perancis adalah salah satu negara pertama di dunia yang memanfaatkan teknologi berkecepatan tinggi. Société Nationale des Chemins de fer Français (SNCF) milik negara memperkenalkan kereta api berkecepatan tinggi TGV pada tahun 1981. Layanan penumpang jarak jauh berkecepatan tinggi Perancis dikenal sebagai Train à Grande Vitesse (TGV) dan penumpang jarak jauh standar layanan disebut Intercités. Jaringan berkecepatan tinggi di negara ini saat ini melebihi panjang 1.550 km. Proyek kereta api berkecepatan tinggi Tours-Bordeaux menambah 302 km lagi ke dalam jaringan.


28. Balapan sepeda terhebat di dunia, Tour de France, berusia lebih dari 100 tahun

Pada tanggal 1 Juli 1903, 60 pengendara sepeda memulai Tour de France yang pertama dari Montgeron, pinggiran kota Paris. Lebih dari 100 tahun kemudian, acara ini berkembang menjadi perlombaan sepeda terhebat di dunia, dengan sekitar 198 pengendara sepeda yang berlomba sejauh 3.200 km; terutama di sekitar Perancis dalam serangkaian tahapan selama 23 hari. Tour de France 2013 merupakan edisi ke-100 Tour de France dan sekitar 15 juta penonton mengantri untuk menyaksikan lintasan 21 etape untuk perayaan seratus tahun tersebut. Tour de France di Arc de Triomphe di Paris 29. Tradisi


mengenakan gaun putih berasal dari Perancis pada tahun 1499

Kebanyakan pengantin bermimpi berjalan menyusuri pelaminan dengan gaun pengantin putih yang indah. Namun hingga tahun sembilan belas ratus, mereka jarang membeli gaun pengantin khusus dan memilih pakaian terbaik mereka. Tradisi populer sebenarnya berasal dari Perancis dengan pernikahan Anne dari Brittany dan Louis XII dari Perancis pada tahun 1499. Dia mengenakan gaun putih ke pesta pernikahan, menandai dimulainya kebiasaan populer Barat. Namun, baru pada tahun 1840, ketika Ratu Victoria menikah dengan Pangeran Albert, gaun putih tersebut benar-benar populer dan tradisinya semakin kokoh.


30. Gunung tertinggi di Eropa adalah Mont Blanc di Pegunungan Alpen Prancis.

Berdiri di ketinggian 4.807m, Mont Blanc secara resmi merupakan gunung tertinggi kedua di Eropa. Dibutuhkan 10 hingga 12 jam yang sulit untuk mendaki ke puncak. Namun jika Anda tidak siap untuk itu, Anda dapat melakukan perjalanan santai selama 20 menit dengan kereta gantung tertinggi di Eropa di Aiguille du Midi terdekat untuk mendapatkan pemandangan cemerlang dari puncak. Temukan tempat menakjubkan lainnya untuk dikunjungi di Prancis.
Mont Blanc di Prancis


Dari:https://www.expatica.com/fr/moving/about/france-facts-109142/


#france #french

like0
dislike0
Views32